AL-QUR'AN:Sumber Dari Segala Sumber

Saturday, November 22, 2008

AMBRUKNYA RAKSASA YANG RAPUH

LAPORAN UTAMA Hidayatullah Nopember 2008 / Dzulqo’dah 1429
(Ahmad Damanik)

Sungguh sial negeri ini. Saat ekonomi kapitalis Amerika Serikat bangkrut, Indonesia malah kebagian imbasnya. Untunglah Indonesia belum seperti negara Islandia. Pemerintahan negera pulau yang terletak dibagian utara Samudra Atlantik ini mengumumkan kebangkrutannya setelah sebelumnya dua bank besar negara itu kolpas akibat krisis di Amerika.

Meski belum separah itu, beberapa sektor usaha riil di Indonesia mulai merasakan dampak ini. Misalnya, beberapa pengrajin rotan di Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, terpaksa menghentikan produksinya.

“Inilah karena mereka hanya mengandalkan pembeli dari Amerika,”kata Suparji, Ketua Koperasi Perajin Rotan Manunggal Jaya, Sukoharjo. Menurut Suparji, paling tidak ada dua industri rotan di Gatak yang bernasib seperti itu.

Haryanto, salah seorang eksportir di Gatak, mengakui jika permintaan produk dari Amerika kini terhenti total. “Padahal 70 persen hasil produksi biasanya saya kirim ke Amerika,” kata pemilik PT.Surya Abadi Furniture ini.

Kini Haryanto harus mencari pasar baru untuk menjual produk dengan volume 8 kontainer per bulan tersebut.

Pakar ekonomi Islam, Adiwarman A Karim, 10 tahun yang lalu mengatakn kepada suara hidayatullah bahwa ekonomi kapitalis yang dianut AS laksana balon. Besar tapi kosong di dalamnya. Rapuh !

Jadi, kata Adiwarman, tunggulah! Suatu saat nanti akan pecah dengan sendirinya.

Saat ini, 10 tahun kemudian, perkiraan itu terbukti. Laporan Utama kali ini ingin mengupas apa yang sesungguhnya terjadi dengan sistem ekonomi Amerika Serikat dan bagaimana Solusi terbaik mengatasi masalah ini? Selamat mengikuti.


WaOne Palesu

Sumber : Hidayatullah.com edisi Nopember 2008

No comments:

detikcom